Friday, December 2, 2016

PENGGUNAAN VAKSIN MENINGITIS DALAM IBADAH HAJI DAN UMRAH DALAM PANDANGAN ISLAM



PENGGUNAAN VAKSIN MENINGITIS DALAM IBADAH HAJI DAN UMRAH DALAM PANDANGAN ISLAM
A.      Pandahuluan
1.      Latar belakang masalah
Vaksin meningitis adalah vaksin yang disuntikkan kepada para Jemaah haji yang hendak melaksanakan ibadah haji dengan tujuan mencegah penularan meningitis meningokokus.
Sedangkan meningitis itu sendiri merupakan penyakit radang selaput otak. Penyakit ini terjadi pada meningen, yaitu selaput (membran) yang melapisi otak dan syaraf tunjang. Meningitis dapat disebabkan oleh berbagai organisme seperti virus, bakteri, ataupun jamur yang menyebar masuk ke dalam darah dan berpindah ke dalam cairan otak. Banyak ahli kesehatan berpendapat penyebab penyakit meningitis adalah virus yang umumnya tidak berbahaya dan akan pulih tanpa pengobatan dan perawatan yang spesifik.
Namun meningitis yang disebabkan oleh bakteri bisa mengakibatkan kondisi serius, misalnya kerusakan otak, hilangnya pendengaran, kurangnya kemampuan belajar, bahkan bisa menyebabkan kematian. Sedangkan meningitis yang disebabkan oleh jamur sangat jarang. Jenis ini umumnya dideritaoleh orang yang daya tahan tubuhnya menurun seperti pada penderita HumanImmunodeficieny Virus/Acquired Immunodeficiency Syndrome (HIV/AIDS).
Bakteri yang dapat mengakibatkan serangan meningitis diantaranya Streptococcus pneumoniae (pneumonoccus).Bakteri ini yang paling umum menyebabkan meningitis pada bayi atau anak-anak.Jenis bakteri ini juga yang bisa menyebabkan infeksi pneumonia, telinga dan rongga hidung (sinus).Bakteri lainnya adalah jenis Neisseria meningitidis (meningococcus).Bakteri inimerupakan penyebab kedua terbanyak setelah Streptococcus pneumenie.Meningitis terjadi akibat adanya infeksi pada saluran nafas bagian atas yang kemudian bakterinya masuk ke dalam peredaran darah.[1]
Selain itu, meningitis dapat disebabkan oleh virus, ditularkan melalui batuk, bersin, ciuman, sharing makan atau sendok, pemakaian sikat gigi bersama dan merokok bergantian dalam satu batangnya. Penularan meningitis kerap terjadi, termasuk dalam pelaksanaan ibadah haji. Dalam pelaksanaan ibadah haji pada tahun 2000 lalu, sebanyak 14 orang jemaah haji Indonesia tertular penyakit ini. Sebanyak 6 orang dari 14 penderita meningitis tersebut meninggal di Arab Saudi dengan penyebab kematian meningitis meningokokus serogrup W-135.Angka tersebut bertambah pada tahun 2001 menjadi 18 penderita dan enam di antaranya meninggal di Arab Saudi.[2]
Arab Saudi memang dikenal sebagai negara endemik penyakit meningitis.Maka, untuk melindungi jemaah haji atau umrah dari kemungkinan tertular dan menularkan meningitis kepada orang lain, maka jemaah tersebut perlu divaksinasi meningitis.Sejak tahun 2002, Kementerian Kerajaan Arab Saudi telah mengharuskan negara yang mengirimkan jemaah haji untuk diberikan vaksinasi meningitis meningokokus dan menjadikannya syarat pokok dalam pemberian visa haji dan umrah.[3]
Kebijakan tersebut diperbaharui dengan Nota Diplomatik Kedubes Kerajaan Saudi Arabia di Jakarta No 211/94/71/577 tanggal 1 Juni 2006 yang ditujukan kepada Departemen Luar Negeri tanggal 7 Juni 2006.[4] Isinya memastikan suntik meningitis vaksinasi meningitis meningokokus ACYW 135 bagi semua jemaah haji, umrah, dan tenaga kerja wanita atau tenaga kerja Indonesia yang akan masuk ke Arab Saudi.
Kontroversi ini berawal dari pernyataan Ketua Majelis Ulama Indonesia Sumatera Selatan K.H. Sodikun, 24 April 2009, yang menyatakan bahwa penelitian Lembaga Pengawasan Penelitian Obat dan Makanan Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Sumatera Selatan dan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya Palembang menemukan kandungan enzim babi pada vaksin meningitis meningokokus ACWY 135. Pada Rabu, 20 Mei 2009, berlangsung pertemuan antara produsen vaksin, yaitu GSK (Glaxo Smith Kline) di hadapan berbagai pihak. Dalam pertemuan itu terungkap bahwa meski pada hasil akhirnya vaksin meningitis itu tidak lagi mengandung enzim babi, namun dalam prosesnya masih menggunakan enzim babi. Kesimpulan ini sejalan dengan penjelasan Ketua Badan Pengawas Obat dan Makanan, Husniah Rubiana Thamrin , yang pernah menyatakan bahwa tidak ad kandungan babi dalam vaksin karena penggunaan enzim hanya untuk proses pemisahan bahan vaksin dari media.[5]
Namun, yang menjadi permasalahan adalah sebelumnya Majelis Ulama Indonesia Pusat mengeluarkan fatwa keharaman vaksin itu pada tanggal 8 Mei 2009 yang lalu. Melalui salah seorang ketuanya, K.H. Umar Shihab, komisi fatwa Majelis Ulama Indonesia telah memutuskan bahwa haram hukumnya menggunakan vaksin yang mengandung babi. Akan tetapi, karena tidak ada vaksin yang lain, Majelis Ulama Indonesia menetapkan penggunaan vaksin tersebut boleh dilakukan karena keadaan darurat. Dalam hal ini yang menjadi perhatian penulis adalah bagaimana pndangan Islam terhadap penggunaan vaksin meningitis dalam pelaksanaan haji.
B.  Pembahasan
1.    Pengertian Vaksin Meningitis
Vaksin meningitis adalah sejenis vaksin yang disuntikkan kedalam tubuh agar tubuh kita kebal terhadap penyakit meningitis. Fungsi meningitis ini adalah sebagai tameng dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri Neisseria Meningitis. Banyak ahli kesehatan berpendapat penyebab penyakit meningitis adalah virus yang umumnya tidak berbahaya dan akan pulih tanpa pengobatan dan perawatan yang spesifik. Namun meningitis yang disebabkan oleh bakteri bisa mengakibatkan kondisi serius, misalnya kerusakan otak, hilangnya pendengaran, kurangnya kemampuan belajar, bahkan bisa menyebabkan kematian.Sedangkan meningitis yang disebabkan oleh jamur sangat jarang.Jenis ini umumnya diderita oleh orang yang daya tahan tubuhnya menurun seperti pada penderita HIV/AIDS.
Faktor-faktor pemicu terjangkitnya penyakit meningitis yaitu:
a. Daya tahan tubuh lemah.Tinggal ditempat yang padat.
b. Bergaul langsung dengan penderita atau kontak langsung melalui air ludah, dahak, ingus dan debu.
Tanda-tanda dan gejala yang muncul yaitu;
a. Panas mendadak
b.Perut mual dan muntah
c. Bicara tidak menentu (mengigau)
d. Kaku kuduk
e.  Sakit kepala
f. Demam
g. Sakit pada leher
Ada beberapa penjelasan dari hasil Audit Tim Auditor LPPOM MUI ke tiga perusahaan tentang vaksin meningitis, yaitu :
a.    Tim Auditor Glaxo Smith Kline Becham Pharmaceutical Belgium, yang  menyatakan antara lain bahwa dalam proses produksi vaksin diperusahaan ini pernah bersentuhan dengan bahan yang tercemar babi.
b.    Tim auditor Novartis Vaccine and Diagnostics S.r.i, yang menyatakan antara lain bahwa dalam proses produksi vaksin di perusahaan ini tidak bersentuhan dengan babi atau bahan yang tercemar babi dan telah melalui proses pencucian.
c.    Tim auditor Zheijiang Tianyuan Bio Pharmaceutical Co.Ltd., yang menyatakan antara lain bahwa dalam proses produksi vaksin diperusahaan ini tidak bersentuhan dengan babi atau bahan yang tercemar babi dan telah melalui proses pencucian.[6]
2.    Proses pembuatan vaksin[7]
Pembuatan vaksin anti-virus saat ini merupakan proses rumit, apalagi pada saat mengkonversi dari skala lab menjadi skala produksi.  Adapun tahapannya adalah sebagai berikut:
a.    Menyiapkan “benih” virus
Pembuatan vaksin dimulai dengan memilih benih virus yang akan dijadikan vaksin pada sebuah medium. Virus harus bebas dari kotoran, termasuk virus lain yang sejenis dan bahkan variasi jenis virus yang sama. Selain itu, benih itu harus disimpan di bawah kondisi”ideal”, biasanya pada kondisi beku, yang mencegah virus menjadi lebih kuat atau lebih lemah dari yang diinginkan. Benih yang disimpan dalam gelas kecil atau kontainer plastik, dengan volume sebesar 5 atau 10 ml tetapi mengandung ribuan-jutaan virus, akan menghasilkan beberapa ratus liter vaksin. Freezer dijaga pada suhu tertentu yang dikontrol secara otomatis.
b.    Penumbuhan virus
Setelah diambil dari tempat penyimpanannya, bibit virus dicairkan dan dihangatkan secara hati-hati pada keadaan tertentu. Sejumlah kecil sel virus ditempatkan dalam sebuah “pabrik sel”, yaitu sebuah mesin kecil yang, dengan penambahan media yang sesuai, memungkinkan sel virus untuk berkembang biak. Setiap jenis virus tumbuh baik dalam media khusus untuk itu, yang mengandung protein dari mamalia, misalnya  protein murni dari darah sapi. Media juga mengandung protein lainnya dan senyawa organik yang mendorong reproduksi sel virus. (Nampaknya proses  ini  memungkinkan unsur babi masuk dalam tahap pembuatan vaksin, jika protein yang dipakai berasal dari babi).
Selain suhu, faktor-faktor lain harus dipantau, termasuk pH campuran. pH adalah ukuran keasaman atau kebasaan, diukur pada skala dari 0 hingga 14, dan virus harus disimpan pada pH yang ditentukan dalam pabrik sel. Virus dari pabrik sel ini kemudian dipisahkan dari medium, dan ditempatkan dalam medium kedua untuk pertumbuhan tambahan. Pertumbuhan sel virus sangat dirangsang dengan penambahan enzim ke medium, di mana yang paling umum digunakan adalah tripsin. Enzim adalah protein yang juga berfungsi sebagai katalis dalam metabolisme dan pertumbuhan sel. Tripsin dapat diperoleh dari pankreas sapi atau babi, sehingga unsur babi juga bisa masuk pada proses ini jika dipakai tripsin yang berasal dari babi. Virus yang sedang tumbuh disimpan dalam wadah yang lebih besar tapi mirip dengan pabrik sel untuk mengoptimalkan pertumbuhannya.           
c.    Pemisahan dan pemilihan strain virus
Bila sudah cukup banyak virus yang ditumbuhkan, mereka kemudian dipisahkan dari mediumnya, misalnya dengan filtrasi dan kemudian sentrifugasi, atau dengan teknik lain.  Vaksin akan dibuat dari virus yang dilemahkan atau dibunuh. Apakah hanya akan dilemahkan atau dibunuh antara lain tergantung dari sifat kekuatan virus atau virulensinya. Vaksin rabies, misalnya, karena cukup virulen, maka merupakan virus yang dibunuh.
Untuk vaksin yang berasal dari virus yang dilemahkan, virus biasanya dilemahkan sebelum menjalani proses produksi. Strain virus yang dipilih secara hati-hati lalu ditumbuhkan berulang kali di berbagai media. Ada jenis virus yang benar-benar menjadi kuat saat mereka tumbuh. Strain ini jelas tidak dapat digunakan untuk pembuatan vaksin. Strain lainnya yang menjadi terlalu lemah karena mereka dibudidayakan berulang-ulang juga tidak bisa diterima untuk penggunaan vaksin. Perlu dipilih strain virus yang tumbuh dengan kekuatan yang “tepat” seperti yang diinginkan untuk dijadikan vaksin.Virus ini kemudian dipisahkan dari medium tempat mereka ditanam, lalu dibuat menjadi sediaan vaksin. Vaksin dapat terdiri dari kombinasi beberapa jenis virus yang dipilih sebelum kemudian dikemas, dengan menggunakan media pembawa yang sesuai dengan kadar yang sudah ditentukan.[8]
3.    Pandangan Hukum Islam Terhadap Vaksin
     1. Fatwa Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah
Mufti Besar Kerajaan Arab Saudi ketua Lajnah Daimah dan Mantan Rektor Universitas Islam Madinah
Ketika beliau ditanya ditanya tentang hal ini,
ما هو الحكم في التداوي قبل وقوع الداء كالتطعيم؟
Artinya:“Apakah hukum berobat dengan imunisasi sebelum tertimpa musibah?”
Beliau menjawab,
لا بأس بالتداوي إذا خشي وقوع الداء لوجود وباء أو أسباب أخرى يخشى من وقوع الداء بسببها فلا بأس بتعاطي الدواء لدفع  لبلاء الذي يخشى منه لقول النبي صلى الله عليه وسلم في الحديث الصحيح: «من تصبح بسبع تمرات من تمر المدينة لم يضره سحر ولا سم (1) » وهذا من باب دفع البلاء قبل وقوعه فهكذا إذا خشي من مرض وطعم ضد الوباء الواقع في البلد أو في أي  كان لا بأس بذلك من باب الدفاع، كما يعالج المرض النازل، يعالج بالدواء المرض الذي يخشى منه[9].
Artinya:La ba’sa (tidak masalah) berobat dengan cara seperti itu jika dikhawatirkan tertimpa penyakit karena adanya wabah atau sebab-sebab lainnya. Dan tidak masalah menggunakan obat untuk menolak atau menghindari wabah yang dikhawatirkan. Hal ini berdasarkan sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits shahih (yang artinya),“Barangsiapa makan tujuh butir kurma Madinah pada pagi hari, ia tidak akan terkena pengaruh buruk sihir atau racun”

Ini termasuk tindakan menghindari penyakit sebelum terjadi. Demikian juga jika dikhawatirkan timbulnya suatu penyakit dan dilakukan immunisasi untuk melawan penyakit yang muncul di suatu tempat atau di mana saja, maka hal itu tidak masalah, karena hal itu termasuk tindakan pencegahan. Sebagaimana penyakit yang datang diobati, demikian juga penyakit yang dikhawatirkan kemunculannya.
2. Fatwa Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid hafidzahullah
Imam masjid dan khatib di Masjid Umar bin Abdul Aziz di kota al Khabar KSA dan dosen ilmu-ilmu keagamaan, pengasuh situs www.islam-qa.com.
Dalam fatwa beliau mengenai imunisasi dan vaksin beliau menjawab. Rincian bagian ketiga yang sesuai dengan pembahasan imunisasi dengan bahan yang haram tetapi memberi manfaat yang lebih besar. syaikh berkata,
لقسم الثالث : ما كان منها مواد محرَّمة أو نجسة في أصلها ، ولكنها عولجت كيميائيّاً أو أضيفت إليها مواد أخرى غيَّرت من اسمها ووصفها إلى مواد مباحة ، وهو ما يسمَّى ” الاستحالة ” ، ويكون لها آثار نافعة .
وهذه اللقاحات يجوز تناولها لأن الاستحالة التي غيَّرت اسم موادها ومواصفاتها قد غيَّرت حكمها فصارت مباحة الاستعمال[10] .
Artinya:“rincian ketiga: vaksin yang terdapat didalamnya bahan yang haram atau najis pada asalnya. Akan tetapi dalam proses kimia atau ketika ditambahkan bahan yang lain yang mengubah nama dan sifatnya menjadi bahan yang mubah. Proses ini dinamakan “istihalah”. Dan bahan [mubah ini] mempunyai efek yang bermanfaat.           
Vaksin jenis ini bisa digunakan karena “istihalah” mengubah nama bahan dan sifatnya. Dan mengubah hukumnya menjadi mubah/boleh digunakan.”
3. Fatwa Majelis Majelis Ulama Eropa untuk Fatwa dan Penelitian [المجلس الأوربي للبحوث والإفتاء]
Memutuskan dua hal:
أولا: إن استعمال هذا الدواء السائل قد ثبتت فائدته طبيا وأنه يؤدي إلى تحصين الأطفال ووقايتهم من الشلل بإذن الله تعالى، كما أنه لا يوجد له بديل آخر إلى الآن، وبناء على ذلك فاستعماله في المداواة والوقاية جائز لما يترتب على منع استعماله من أضرار كبيرة، فأبواب الفقه واسعة في العفو عن النجاسات – على القول بنجاسة هذا السائل – وخاصة أن هذه النجاسة مستهلكة في المكاثرة والغسل، كما أن هذه الحالة تدخل في باب الضرورات أو الحاجيات التي تن-زل من-زلة الضرورة، وأن من المعلوم أن من أهم مقاصد الشريعة هو تحقيق المصالح والمنافع ودرء المفاسد والمضار.
ثانيا: يوصي المجلس أئمة المسلمين ومسئولي مراكزهم أن لا يتشددوا في مثل هذه الأمور الاجتهادية التي تحقق مصالح معتبرة لأبناء المسلمين ما دامت لا تتعارض مع النصوص القطعية[11]
Artinya: Pertama, Penggunaan obat semacam itu ada manfaatnya dari segi medis.  Obat semacam itu dapat melindungi anak dan mencegah mereka dari kelumpuhan dengan izin Allah. Dan obat semacam ini (dari enzim babi) belum ada gantinya hingga saat ini. Dengan menimbang hal ini, maka penggunaan obat semacam itu dalam rangka berobat dan pencegahan dibolehkan. Hal ini dengan alasan karena mencegah bahaya (penyakit) yang lebih parah jika tidak mengkonsumsinya. Dalam bab fikih, masalah ini ada sisi kelonggaran yaitu tidak mengapa menggunakan yang najis (jika memang cairan tersebut dinilai najis). Namun sebenarnya cairan najis tersebut telah mengalami istihlak (melebur) karena bercampur dengan zat suci yang berjumlah banyak. Begitu pula masalah ini masuk dalam hal darurat dan begitu primer yang dibutuhkan untuk menghilangkan bahaya. Dan di antara tujuan syari’at adalah menggapai maslahat dan manfaat serta menghilangkan mafsadat dan bahaya.
Kedua, Majelis merekomendasikan pada para imam dan pejabat yang berwenang hendaklah posisi mereka tidak bersikap keras dalam perkara ijtihadiyah ini yang nampak ada maslahat bagi anak-anak kaum muslimin selama tidak bertentangan dengan dalil yang definitif (qath’i).
4.    Hukum vaksin  meningitis di Indonesia
Komisi Fatwa MUI menetapkan fatwa tentang hukum penggunaan Vaksin Meningitis produk dari ketiga produsen tersebut bagi jama’ah Haji dan atau Umrah, sebagai pedoman bagi pemerintah, umat Islam dan pihak-pihak lain yang memerlukannya yang ditetapkan dalam fatwa Nomor 06 tahun 2010 yang berisi:
Dasar hukum yang di gunakan:
a.    Firman Allah SWT, Q.S Al-Baqarah:173
إِنَّمَا حَرَّمَ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةَ وَالدَّمَ وَلَحْمَ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ بِهِ لِغَيْرِ اللَّهِ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَلا عَادٍ فَلا إِثْمَ   عَلَيْهِ إِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ
Artinya: “Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, da binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Akan tetapi, barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang ia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun, lagi Maha Penyayang”. (QS. Al Baqarah: 173)
b.    Q.S.Al-Maidah:3
حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ وَالْمُنْخَنِقَةُ وَالْمَوْقُوذَةُ وَالْمُتَرَدِّيَةُ وَالنَّطِيحَةُ وَمَا أَكَلَ السَّبُعُ إِلا مَا ذَكَّيْتُمْ وَمَا ذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ وَأَنْ تَسْتَقْسِمُوا بِالأزْلامِ ذَلِكُمْ فِسْقٌ الْيَوْمَ يَئِسَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ دِينِكُمْ فَلا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِ الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الإسْلامَ دِينًا فَمَنِ اضْطُرَّ فِي مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لإثْمٍ فَإِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ
Artinya:“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam biantang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu memakan hewan) yang disembelih untuk behala…” (QS. Al Maidah : 3)
c.                   Q.S.Al-An’am:145
قُلْ لا أَجِدُ فِي مَا أُوحِيَ إِلَيَّ مُحَرَّمًا عَلَى طَاعِمٍ يَطْعَمُهُ إِلا أَنْ يَكُونَ مَيْتَةً أَوْ دَمًا مَسْفُوحًا أَوْ لَحْمَ خِنْزِير فَإِنَّهُ رِجْسٌ أَوْ فِسْقًا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ فَمَنِ اضْطُرَّ غَيْرَ بَاغٍ وَلا عَادٍ فَإِنَّ رَبَّكَ غَفُورٌ رَحِيمٌ
Artinya:
“Katakanlah Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali kalau memakan itu bangkai, darah yang mengalir, atau daging babi, karena sesungguhnya semua itu kotor, atau bianatang yang disembelih atas nama selain Allah. Barangsiapa yang dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang ia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka sesungguhnya Tuhanmu Maha Pengampun, Maha Penyayang.”(QS. Al-An’am: 145)
d.                  Hadits-hadits Nabi SAW, antara lain:
حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ النَّمَرِيُّ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ زِيَادِ بْنِ عِلَاقَةَ عَنْ أُسَامَةَ بْنِ شَرِيكٍ قَالَأَتَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَصْحَابَهُ كَأَنَّمَا عَلَى رُءُوسِهِمْ الطَّيْرُ فَسَلَّمْتُ ثُمَّ قَعَدْتُ فَجَاءَ الْأَعْرَابُ مِنْ هَا هُنَا وَهَا هُنَا فَقَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ أَنَتَدَاوَى فَقَالَ تَدَاوَوْا فَإِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ لَمْ يَضَعْ دَاءً إِلَّا وَضَعَ لَهُ دَوَاءً غَيْرَ دَاءٍ وَاحِدٍ الْهَرَمُ[12]
Artinya: “Telah menceritakan kepada kami Hafsh bin Umar An Namari telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Ziyad bin 'Ilaqah dari Usamah bin Syarik ia berkata, "Aku pernah mendatangi Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan para sahabatnya, dan seolah-olah di atas kepala mereka terdapat burung. Aku kemudian mengucapkan salam dan duduk, lalu ada seorang Arab badui datang dari arah ini dan ini, mereka lalu berkata, "Wahai Rasulullah, apakah boleh kami berobat?" Beliau menjawab: "Berobatlah, sesungguhnya Allah 'azza wajalla tidak menciptakan penyakit melainkan menciptakan juga obatnya, kecuali satu penyakit, yaitu pikun."
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُبَادَةَ الْوَاسِطِيُّ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ أَخْبَرَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ عَيَّاشٍ عَنْ ثَعْلَبَةَ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ أَبِي عِمْرَانَ الْأَنْصَارِيِّ عَنْ أُمِّ الدَّرْدَاءِ عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ اللَّهَ أَنْزَلَ الدَّاءَ وَالدَّوَاءَ وَجَعَلَ لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءً فَتَدَاوَوْا وَلَا تَدَاوَوْا بِحَرَامٍ[13]
Artinya: “Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin 'Ubadah Al Wasithi telah menceritakan kepada kami Yazid bin Harun telah mengabarkan kepada kami Isma'il bin 'Ayyasy dari Tsa'labah bin Muslim dari Abu Imran Al Anshari dari Ummu Ad Darda dari Abu Ad Darda ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya Allah telah menurunkan penyakit dan obat, dan menjadikan bagi setiap penyakit terdapat obatnya, maka berobatlah dan jangan berobat dengan sesuatu yang haram!"

e.    Kaidah-kaidah tentang sad adzari’ah:
Serta mengingat :
a.    Pendapat para ulama, antara lain ; “Imam Zuhri (w. 124 H) berkata, Tidak halal meminum air seni manusia karena suatu penyakit yang diderita, sebab itu adalah
najis; Allah berfirman: ‘…Dihalalkan bagimu yang baik-baik (suci)…’ (QS. Al-Maidah[5]: 5). Dan Ibnu Mas’ud (w 32 H) berkata tentang sakar (minuman keras), Allah tidakmenjadikan obatmu pada sesuatu yang diharamkan atasmu” (HR al-Bukhari, Shahih al-Bukhari, Maktabah Syamilah, juz 17, h. 328).
b.    Pendapat para ulama tentang rukun dan syarat tathhir (pensucian).
c.    Keterangan Menteri Kesehatan RI pada tanggal 9 Juli 2010 Menyatakan  bahwa sampai saat ini kebijakan mewajibkan para pengunjung Arab Saudi memakai vaksin meningitis masih tetap berlaku.
d.   Pendapat peserta rapat Komisi Fatwa pada tanggal 10 Juni 2010, 12 Juni 2010, 16 Juni 2010, tanggal 22 Juni 2010, 24 Juni 2010, tanggal 30 Juni 2010, 9 Juli 2010 dan 16 Juli 2010, yang antara lain:
1) Bahwa produk vaksin yang dalam proses produksinya pernah bersentuhan dengan bahan yang tercemar babi dinyatakan telah memanfaatkan (intifa’) babi.
2) Bahwa produk vaksin yang dalam proses produksinya tidak bersentuhan dengan babi atau bahan yang tercemar babi tapi bersentuhan dengan bahan najis selain babi dapat disucikan kembali.
3) Pencucian dalam produksi vaksin diperusahaan Novartis Vaccine and Diagnotics S.r.i dan Zheijiang Tianyuan Bio Pharmaceutical Co. Ltd dipandang telah memenuhi ketentuan pencucian secara syara’ (tathhir syara’an)
Menetapkan : FATWA TENTANG PENGGUNAAN VAKSIN MENINGITIS
BAGI JEMAAH HAJI ATAU UMRAH

Ketentuan Umum :
Dalam fatwa ini, yang dimaksud dengan :
a.    Vaksin MencevaxTM ACW135Y adalah vaksin meningitis yang diproduksi oleh Glaxo Smith Kline Beecham Pharmaceutical- Belgium.
b.    Vaksin Menveo Meningococcal adalah vaksin yang mempunyai nama produksi Menveo Meningococcal Group A, C, W135 and Y Conyugate Vaccine yang diproduksi oleh Novartis accine and Diagnostics S.r.i.
c.    Vaksin Meningococcal adalah vaksin yang mempunyai nama produksi Meningococcal Vaccine yang diproduksi oleh Zheijiang Tianyuan Bio Pharmaceutical Co. Ltd.
Ketentuan Hukum:
1.Vaksin Mencevax ACW135Y hukumnya Haram.
2.Vaksin Menveo Meningococcal dan Vaksin Meningococcal hukumnya Halal.
3.Vaksin yang boleh digunakan hanyalah vaksin meningitis yang Halal
4.Ketentuan dalam Fatwa MUI Nomor 5 Tahun 2009 yang menyatakan bahwa bagi orang yang melaksanakan haji wajib atau umrah wajib boleh menggunakan vaksin meningitis haram karena al-hajah (kebutuhan mendesak) dinyatakan tidak berlaku lagi.[14]
5. Hukum Berobat Dengan Yang Haram
Para ulama berbeda pendapat dalam hal boleh tidaknya berobat dengan suatu zat yang najis atau yang haram.[15] Dalam masalah ini paling tidak ada 3 (tiga) pendapat:
1. Jumhur ulama mengharamkan berobat dengan zat yang najis atau yang haram, kecuali dalam keadaan darurat.[16]
2. Sebagian ulama, seperti Imam Abu Hanifah dan sebagian ulama Syafiiyah (bermazhab Syafii) menghukumi boleh (jawaz) berobat dengan zat-zat yang najis. [17]
3. Sebagian ulama lainnya, seperti Taqiyuddin an-Nabhani, menyatakan makruh hukumnya berobat dengan zat yang najis atau yang haram.[18]
Menurut kami, pendapat yang rajih (lebih kuat) dalam masalah ini adalah pendapat ketiga, yang memakruhkan berobat dengan zat yang najis atau yang haram, karena dalilnya lebih kuat.
Menurut Imam Taqiyuddin An-Nabhani, dalam Asy-Syakhshiyah Al-Islamiyah (3/116), berobat dengan benda yang najis/haram hukumnya makruh, bukan haram. Dalil kemakruhannya dapat dipahami dari dua kelompok hadis :Pertama, hadis-hadis yang mengandung larangan (nahi) untuk berobat dengan sesuatu yang haram/najis. Kedua, hadis-hadis yang yang membolehkan berobat dengan sesuatu yang haram/najis.Hadis kelompok kedua ini menjadi indikasi (qarinah) bahwa larangan yang ada pada kelompok hadis pertama bukanlah larangan tegas (haram), namun larangan tidak tegas (makruh).
Hadis yang melarang berobat dengan sesuatu yang haram/najis, misalnya sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam,”Sesungguhnya Allah-lah yang menurunkan penyakit dan obatnya, dan Dia menjadikan obat bagi setiap-tiap penyakit.Maka berobatlah kamu dan janganlah kamu berobat dengan sesuatu yang haram.”(HR Abu Dawud, no 3376). Sabda Nabi SAW “janganlah kamu berobat dengan sesuatu yang haram” (wa laa tadawau bi-haram) menunjukkan larangan (nahi) berobat dengan sesuatu yang haram/najis.
Namun menurut Imam An-Nabhani, hadis ini tidak otomatis mengandung hukum haram (tahrim), melainkan sekedar larangan (nahi). Maka, diperlukan dalil lain sebagai indikasi/petunjuk (qarinah) apakah larangan ini bersifat jazim/tegas (haram), ataukah tidak jazim (makruh).
Di sinilah Imam An-Nabhani berpendapat, ada hadis yang menunjukkan larangan itu tidaklah bersifat jazim (tegas). Dalam Sahih Bukhari terdapat hadis, orang-orang suku ‘Ukl dan Urainah datang ke kota Madinah menemui Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam  lalu masuk Islam. Namun mereka kemudian sakit karena tidak cocok dengan makanan Madinah. Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam lalu memerintahkan mereka untuk meminum air susu unta dan air kencing unta… (Sahih Bukhari, no 226; Ibnu Hajar Al Asqalani, Fathul Bari, 1/367). Dalam Musnad Imam Ahmad, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah memberi rukhshash (keringanan) kepada Abdurrahman bin Auf dan Zubair bin Awwam untuk mengenakan sutera karena keduanya menderita penyakit kulit. (HR Ahmad, no. 13178).
Kedua hadis ini menunjukkan bolehnya berobat dengan sesuatu yang najis (air kencing unta), dan sesuatu yang haram (sutera). (Fahad bin Abdullah Al-Hazmi, Taqrib Fiqh Ath-Thabib, hal. 74-75).
Kedua hadis inilah yang dijadikan qarinah (indikasi) oleh Imam An-Nabhani bahwa larangan berobat dengan sesuatu yang najis/haram hukumnya bukanlah haram, melainkan makruh.Maka dari itu, hukum vaksin meningitis andai mengandung zat babi yang najis, hukumnya adalah makruh, bukan haram.
6. Analisis
Adapun pendapat penulis adalah bahwasanya Meningitis merupakan penyakit berbahaya dan menular yang disebabkan oleh mikroorganisme, seperti virus atau bakteri, yang menyebar dalam darah dan menyebabkan radang selaput otak sehingga membawa kerusakan kendali gerak, pikiran bahkan kematian. Untuk melindungi jama’ah haji agar tidak terserang penyakit tersebut maka diperlukan adanya vaksin meningitis. Sesuai dengan pendapat yang dikemukan kan oleh Syeikh Abdullah bin Baz yakni tidak masalah menggunakan obat untuk menolak atau menghindari wabah yang dikhawatirkan. Hal ini berdasarkan sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits shahih (yang artinya),“Barangsiapa makan tujuh butir kurma Madinah pada pagi hari, ia tidak akan terkena pengaruh buruk sihir atau racun”. Dipahami bahwa bertujuan untuk menangkal sesuatu atau sebagai antisipasi.
            Hal di atas tentunya tidak terlepas dalam penggunaan vaksin meningitis yang terbuat dari bahan – bahan yang halal sesuai dengan kategori yang telah diupayakan oleh MUI dalam fatwanya Nomor 06 Tahun 2010. Adapun vaksin meningitis yang terbuat atau tercemar dari enzim babi hukumnya adalah haram, dengan alasan sebagai berikut:
حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ وَالْمُنْخَنِقَةُ وَالْمَوْقُوذَةُ وَالْمُتَرَدِّيَةُ وَالنَّطِيحَةُ وَمَا أَكَلَ السَّبُعُ إِلا مَا ذَكَّيْتُمْ وَمَا ذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ وَأَنْ تَسْتَقْسِمُوا بِالأزْلامِ ذَلِكُمْ فِسْقٌ الْيَوْمَ يَئِسَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ دِينِكُمْ فَلا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِ الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الإسْلامَ دِينًا فَمَنِ اضْطُرَّ فِي مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لإثْمٍ فَإِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ
Artinya:“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam biantang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu memakan hewan) yang disembelih untuk behala…” (QS. Al Maidah : 3)

            Dari ayat diatas jelas bahwa daging babi itu haram termasuk yang ada didalam kandungannya. Dan vaksin yang menggunakan bahan yang tercemar atau ada kandungan enzim babinya adalah haram.          
C.  Penutup
1.      Kesimpulan
Meningitis merupakan penyakit berbahaya dan menular yang disebabkan oleh mikroorganisme, seperti virus atau bakteri, yang menyebar dalam darah dan menyebabkan radang selaput otak sehingga membawa kerusakan kendali gerak, pikiran bahkan kematian.Vaksin meningitis adalah sejenis vaksin yang disuntikkan kedalam tubuh agar tubuh kita kebal terhadap penyakit meningitis.Fungsi meningitis ini adalah sebagai tameng dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri Neisseria Meningitis.Maka untuk melindungi masyarakat utamanya jama’ah haji agar bisa beribadah dengan sebaik-baiknya perlu adanya vaksin meningitis dan tentunya menggukan bahan yang halal.Vaksin yang sudah tercemar dan terbuat dari bahan babi maka hukumnya haram. 
Dalam penggunaannya ulama mengatakan bahwakebolehan dalam menggunakannya dengan alasan yang bermacam macam seperti:
1. Syeikh Abdullah bin Baz: Artinya:La ba’sa (tidak masalah) berobat dengan cara seperti itu jika dikhawatirkan tertimpa penyakit karena adanya wabah atau sebab-sebab lainnya. Dan tidak masalah menggunakan obat untuk menolak atau menghindari wabah yang dikhawatirkan. Hal ini berdasarkan sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits shahih (yang artinya),“Barangsiapa makan tujuh butir kurma Madinah pada pagi hari, ia tidak akan terkena pengaruh buruk sihir atau racun.
2. Syeikh Muhammad Shalih al-Munajjid: Artinya:“rincian ketiga: vaksin yang terdapat didalamnya bahan yang haram atau najis pada asalnya. Akan tetapi dalam proses kimia atau ketika ditambahkan bahan yang lain yang mengubah nama dan sifatnya menjadi bahan yang mubah. Proses ini dinamakan “istihalah”. Dan bahan [mubah ini] mempunyai efek yang bermanfaat.
3. Fatwa Majelis Majelis Ulama Eropa untuk Fatwa dan Penelitian [المجلس الأوربي للبحوث والإفتاء] Artinya: Pertama, Penggunaan obat semacam itu ada manfaatnya dari segi medis.  Obat semacam itu dapat melindungi anak dan mencegah mereka dari kelumpuhan dengan izin Allah. Dan obat semacam ini (dari enzim babi) belum ada gantinya hingga saat ini. Dengan menimbang hal ini, maka penggunaan obat semacam itu dalam rangka berobat dan pencegahan dibolehkan. Hal ini dengan alasan karena mencegah bahaya (penyakit) yang lebih parah jika tidak mengkonsumsinya. Dalam bab fikih, masalah ini ada sisi kelonggaran yaitu tidak mengapa menggunakan yang najis (jika memang cairan tersebut dinilai najis). Namun sebenarnya cairan najis tersebut telah mengalami istihlak (melebur) karena bercampur dengan zat suci yang berjumlah banyak. Begitu pula masalah ini masuk dalam hal darurat dan begitu primer yang dibutuhkan untuk menghilangkan bahaya. Dan di antara tujuan syari’at adalah menggapai maslahat dan manfaat serta menghilangkan mafsadat dan bahaya.
Kedua, Majelis merekomendasikan pada para imam dan pejabat yang berwenang hendaklah posisi mereka tidak bersikap keras dalam perkara ijtihadiyah ini yang nampak ada maslahat bagi anak-anak kaum muslimin selama tidak bertentangan dengan dalil yang definitif (qath’i).
2.    Saran
Demikianlah makalah ini penulis buat. Makalah ini jauh dari kesempurnaan, baik dari segi pemhaman terhadap ayat-ayat, literature ayat serta buku-buku tafsir yang menjadi rujukan yang amat terbatas. Oleh karena itu penulis mengharapkan krtikan dan saran yang membangun. Atas perhatiannya penulis ucapkan terima kasih.








DAFTAR KEPUSTAKAAN
as-Sajastani, Abu Daud Sulaiman bin al-As’at, tt. Sunan Abu Daud. Juz 4. Beirut: Dar al-Kitab al-‘Arabi.
Fatwa MUI Nomor 06 Tahun 2010
http://doktersehat.com/penyakit-meningitis/ diakses pada tanggal 18 maret 2016.
http://www.binbaz.org.sa/fatawa/236 diakses pada tanggal 17 maret 2016.
http://www.daftarhajiumroh.com/cara-syarat-dan-biaya-vaksin-meningitis-untuk-jamaah-haji-dan-umroh/diakses pada tanggal 18 maret 2016
http://www.depkes.go.id/article/print/2277/selamatkan-jemaah-haji-dan-umroh-dari-bahaya-meningitis-meningokokus.html diakses pada tanggal 18 maret 2016.
http://www.madehow.com/Volume-2/Vaccine.html diakses p[ada tanggal 18 maret 2016.
http://www.unsri.ac.id/unsri_artikel_detil.php?act=seminar_detil&id=26 diakses pada tanggal 18 maret 2016.
https://islamqa.info/ar/159845 diakses pada tanggal 17 maret 2016
https://konsultasi.wordpress.com/2009/11/02/hukum-vaksin-meningitis-untuk-jamaah-haji/ diakses pada tanggal 18 maret 2016.
https://muslim.or.id/19708-fatwa-para-ulama-ustadz-dan-ahli-medis-tentang-bolehnya-imunisasi.html diakses pada tanggal 17 maret 2016.
https://zulliesikawati.wordpress.com/tag/vaksin-meningitis/ diakses pada tanggal 18 maret 2016.
Rusyd, Ibnu. 1990. Bidayatul Mujtahid, Juz I. Beirut : Darul Fikr.
Salam, Izzuddin bin Abdis. 1999. Qawa’idul Ahkam fi Mashalih Al-Ahkam. Jil. 2. Beirut : Darul Kutub al-Ilmiyah.
Zuhaili, al-Wahbah. 1996. Al-Fiqh Al-Islami wa Adillatuhu, Juz IX. Damaskus : Darul Fikr.



[1] http://doktersehat.com/penyakit-meningitis/ diakses pada tanggal 18 maret 2016.
[2] https://konsultasi.wordpress.com/2009/11/02/hukum-vaksin-meningitis-untuk-jamaah-haji/ diakses pada tanggal 18 maret 2016.
[3] http://www.daftarhajiumroh.com/cara-syarat-dan-biaya-vaksin-meningitis-untuk-jamaah-haji-dan-umroh/diakses pada tanggal 18 maret 2016
[4]http://www.depkes.go.id/article/print/2277/selamatkan-jemaah-haji-dan-umroh-dari-bahaya-meningitis-meningokokus.html diakses pada tanggal 18 maret 2016.
[5] http://www.unsri.ac.id/unsri_artikel_detil.php?act=seminar_detil&id=26 diakses pada tanggal 18 maret 2016.
[6] Fatwa MUI Nomor 06 Tahun 2010.
[7] https://zulliesikawati.wordpress.com/tag/vaksin-meningitis/ diakses pada tanggal 18 maret 2016.
[8] http://www.madehow.com/Volume-2/Vaccine.html diakses p[ada tanggal 18 maret 2016.
[9] http://www.binbaz.org.sa/fatawa/236 diakses pada tanggal 17 maret 2016.
[10] https://islamqa.info/ar/159845 diakses pada tanggal 17 maret 2016
[11]https://muslim.or.id/19708-fatwa-para-ulama-ustadz-dan-ahli-medis-tentang-bolehnya-imunisasi.html diakses pada tanggal 17 maret 2016.
[12] Abu Daud Sulaiman bin al-As’at as-Sajastani, Sunan Abu Daud, (Beirut: Dar al-Kitab al-‘Arabi, tt), Juz 4, Hal 1.
[13] Abu Daud Sulaiman bin al-As’at as-Sajastani, Sunan.....hal 6.
[14] Fatwa MUI Nomor 06 Tahun 2010.
[15] Ibnu Rusyd, Bidayatul Mujtahid, (Beirut : Darul Fikr, 1990), Juz I hal. 384
[16] Wahbah Az-Zuhaili, Al-Fiqh Al-Islami wa Adillatuhu, (Damaskus : Darul Fikr, 1996), Juz IX hal. 662
[17] Izzuddin bin Abdis Salam, Qawa’idul Ahkam fi Mashalih Al-Ahkam, (Beirut : Darul Kutub al-Ilmiyah, 1999), Juz II hal. 6
[18] Taqiyuddin an-Nabhani, Asy-Syakhshiyah Al-Islamiyah, Juz III hal. 116

loading...
No comments:
Write komentar

hukum keluarga islam

  PEMBAHASAN 1. Pengertian Hakikat Keluarga Islam Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) edisi kelima kata hakikat berarti int...